Friday 2 May 2014

Pengertian Ilmu Budaya Dasar

Pengertian Ilmu Budaya Dasar

Secara sederhana Ilmu Budaya Dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah manusia dan kebudayaan. Dengan mempelajari the humanitiesm seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus. Dengan demikian bisa dikatakan the humanitiesm berkaitan dengan nilai-nilai manusia sebagai homo humanus atau manusia berbudaya. Agar manusia menjadi humanus, mereka harus mempelajari ilmu yaitu the humanities disamping tidak meninggalkan tanggung jawab nya yang lain sebagai manusia itu sendiri.
                Prof Dr. Harsya Bactiar mengemukakan bahwa ilmu dan pengetahuan dikelompokkan menjadi 3:
1.     Ilmu Alamiah, bertujuan mengetahui keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Menggunakan metode ilmiah berupa, menentukan hokum yang berlaku mengenai keteraturan, lalu dibuat analisis untuk menentukan kualitas.
2.      Ilmu Sosial, bertujuan mengkaji keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia. Digunakkan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu alamiah.
3.      Pengetahuan budaya, memahami dan mecari arti kenyataan yang bersifat manusiawi. Digunakan metode pengungkap peristiwa dan kenyataan yang unik.

Penngetahuan budaya dibatasi sebagai pengetahuan yang mencakupi keahlian seni dan filsafat. Keahlian ini dapat dibagi ke dalam berbagai hiding keahlian lian., seperti seni tari, seni rupa, seni music, dll.
Ilmu Budaya Dasar adalah usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah manusia dan kebudayaan. Dengan perkataan lain Ilmu Budaya Dasar menggunakan pengertian yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan budaya untuk mengembangkan wawasan pemikiran serta kepekaan mahasiswa dalam mengkaji masalh manusia dan kebudayaan.
        Ilmu Budaya Dasar berbeda denga pengetahuan budaya. Pengetahuan budaya mengkaji masalah nilai manusia sebagai makhluk berbudaya. Sedangkan ilmu budaya dasar bukan ilmu tentang budaya, melainkan mengenai pengetahuan dasar pengertian umum tentang konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah manusia dan budaya.

#Sumber diambil dari : http://massofa.wordpress.com/2008/10/21/pengertian-tujuan-dan-ruang-lingkup-ilmu-budaya-dasar/

No comments:

Post a Comment