Thursday 16 January 2014

Kereta Pedati Gede Pekalangan

     Kali ini saya akan kembali memberikan info mengenai salah satu kereta keraton yang ada di cirebon, yaitu Pedati Gede Pekalangan.


     Kereta ini adalah kereta peninggalan Pangeran Cakrabuana, anak dari Prabu Siliwangi yang dibuat pada tahun 1371. digunakan untuk mengangkut kebutuhan keraton, seperti mengangkut prajurit, memindahkan benda-benda besar, membantu pembagunan Mesjid Sang Cipta Rasa, da bahkan pernah menjadi sebuah benteng pada saat pertempuran berlangsung. Memang Pedati ini sangatlah besar mungkin menjadi Pedati terbesar di Indonesia.
    
     Berikut adalah spesifikasi dari Pedati Gede Pekalangan.
Tinggi 3,5 meter dan lebar 2,6 meter. Dengan menggunakan 6 roda berdiameter 2 meter dengan jari-jari 90 cm dan 2 roda kecil berdiameter 1,5 meter dengan jari-jari 70 cm.
     Tidak hanya besar, pedati ini memiliki banyak keunikan yaitu teknologi yang terdapat dalam pedati itu dinilai oleh banyak pengamat sebagai kereta yang melampaui tekologi zamannya. Terdapatnya semacam as terbuat dari kayu bulat berdiameter 15 cm yang menghubungkan  antar roda melalui poros yang ada di tiap rodanya denga pelumas dari getah pohon damar di tiap pertemuan antara roda tersebut dengan poros agar pertemuan antar as dan poros lancar dan tidak cepat aus. 
     Selain itu Pedati ini sudah menggunakan sistem knock down seperti kereta api, jika pada saat itu yang diagkut tak cukup dengan pedati ini maka dapat menggunakan pedati lain dengan mencangkolkannya di belakang pedati ini dan ditarik oleh kerbau bule.






No comments:

Post a Comment