Thursday 14 November 2013

Dunia Mencair

Kini keadaan bumi kita semakin parah. Seperti udara yang tidak layak untuk dihirup, lingkungan yang kotor, hujan asam, dan menpisnya lapisan atmosfer, bahkan kini lapisan es di kutub terus mencair denga cepat dan perkiraan air dari lelehan es aka menutupi sebagian daratan di muka bumi. Sebenarnya hal ini bukanlah hal yang asing di telinga kita, diseluruh media masa membahas hal ini dan tiap Negara berupaya untuk mengurangi kerusakaan ini.
Mengapa hal ini dapat terjadi? Apa penyebabnya? Sebagian besar penyebab dari kerusakan bumi adalah mausia. Tanpa disadari setiap hari kita sudah memperburuk keadaan bumi ini., mulai dari asap kendaraan bermotor, asap pembakaran sampah, asap pabrik, limbah dan lain sebagainya.
Kerusuakan sudah terjadi dimana mana, bukan hanya di udara tetapi tanah dan air juga sudah mengalami kerusakan. Bagian itu adalah bagian yang sering kita temui tiap harinya
Kerusakan diudara disebabkan oleh berlebihnya CO2 di bumi, asap kendaraan bermotor da asap pabrik adalah factor utama dari kerusakan diudara. Jumlah udara bersih sangat berbanding terbalik dengan udara kotor di bumi. Berarti setiap hari kita lebih banyak menghirup udara kotor.
Kerusakan ditanah disebabkan oleh pengaruh sampah dan limbah, sampah tiap harinya terus bertambah dan terus bertambah. Memang kini banyak orang mendaur ulang sampah-sampah, tetapi tak semua sampah dapat di daur ulang, biasanya sampah yang di daur ulang adalah sampah yang masih layak pakai atau sampah yang dapat di lebur kembali. Lalu kemanakah sisa sampah lainnya? Sisa sampah yang tidak dapat di daur ulang di biarkan saja, dibiarkan lapuk dalam waktu singkat maupun waktu panjang. Plastic adalah bahan yang banyak di temukan di sampah, dan plastic sangat lama untuk lapuk.
Kerusakan di air disebabkan oleh pengaruh limbah, asap dan sampah. Sampah yang di timbun akan melapuk dan bersatu dengan air di sekitarnya. Begitu juga pada limbah cair, menyerap ataupun mengalir dan bersatu dengan air bersih.
Gejala-gejala yang disebabkan kerusakan bumi adalah hujan asam, menipisnya lapisan atmosfer, air yang sudah tidak bersih, tanah yang kurang subur, banjir, suhu bumi yang terus meningkat, da mencairnya lapisan es di kutub.
Apa yang harus kita lakukan? Cukup dengan pola hidup yang memperhatikan lingkungan sekitar, maksudya adalah gunakan barang-barang seperlunya, kurangi peggunaan barang sekali pakai yang sulit terurai, sperti pastik dan sterofom. Gunakan kendaraan anda seperlunya. Membuang sampah pada tempatnya. Perduli terhadap lingkungan sekitar.

Bagaimana cara memulainya? Tak perlu dengan memaksakan seseorang untuk peduli. Awali semuanya dari sendiri, lakukan di lingkungan sekitar kita. Hal yang kita lakukan akan dilihat, dipikir dan ditiru oleh orang lain, secara tidak langsung kia sudah membuat orang sadar akan kerusakan bumi. 

No comments:

Post a Comment