Thursday 3 July 2014

Manusia dan Kasih

Sebelum kita membahas judul diatas sebaiknya kita memahami arti kata dari manusia dan kasih itu sendiri.
Secara bahasa manusia berasal dari kata “manu” (Sansekerta), “mens” (Latin), yang berarti berpikir, berakal budi atau makhluk yang berakal budi (mampu menguasai makhluk lain). Secara istilah manusia dapat diartikan sebuah konsep atau sebuah fakta, sebuah gagasan atau realitas, sebuah kelompok (genus) atau seorang individu.
Manusia adalah mahluk yang luar biasa kompleks. Kita merupakan paduan antara mahluk material dan mahluk spiritual. Dinamika manusia tidak tinggal diam karena manusia sebagai dinamika selalu mengaktivisasikan dirinya.
Kasih adalah perasaan yang dimiliki oleh setiap manusia, perasaan ini akan timbul apabila manusia tersebut mempunyai rasa memiliki dan menyayangi. Kasih juga bisa dikatakan hubungan keterkaitan antara manusia tersebut dengan sesuatu. Dan kasih bisa bermakna luas, bukan hanya antara manusia dengan manusia, tetapi bisa juga antara Tuhan dengan manusia. Dan dengan adanya rasa kasih tersebut membuat manusia mempunyai tujuan hidup yang akan diperjuangkan.
Pada dasarnya manusia adalah makhluk yang saling membutuhkan satu sama lainnya. Mustahil bila ada manusia yang tidak butuh satu sama lain, tanpa kita sadari manusia saling berkaitan baik itu menguntungkan atau merugikan.
Manusia adalah makhluk sosial, berkomunikasi dengan orang orang sekitar yang menimbulkan rasa kasih terhadap manusia satu sama lainnya. Mulai dari pandangan, sentuhan, perkataan maupun perasaan, seseorang mampu meluapkan rasa kasihnya. Seperti kasih seseorang terhadap orang tua, saudara, keluarga, teman, kekasih dan tuhan. 
Seperti penjelasan diatas kasih tidak hanya kepada sesama manusia , tuhan atau makhluk hidup saja tetapi dapat pula dengan benda mati. Hal itu terjadi karena adanya sesuatu peristiwa atau keadaan yang terjadi pada benda itu. 
Apabila kita sudah memberikan sebuah kasih maka akan timbulah rasa sayang dan rasa cinta. Ini sudah terbiasa dengan manusia, karena pada hakekatnya manusia adalah makhluk yang pengash dan penyeyang satu sama lainnya.
Cinta dan Kasih adalah dua kata yang hampir sama tetapi mempunyai makna atau arti yang berbeda cinta adalah perasaan yang lahir dari hati seseorang , timbul dengan sendirinya, tidak melihat waktu dan usia, suatu masa untuk ingin menyayangi dan memiliki, seperti perasaan cinta ibu kepada anak nya, perasaan cinta tuhan kepada umat nya yang bertaqwa. cinta yang tulus akan menimbulkan nilai-nilai kejiwaan yang selalu tulus dan berserah. Kasih sayang adalah dua kata yang berarti, kasih itu murah hati, kasih itu mau mengerti, kasih itu pemaaf, kasih itu mau memberi, dan banyak lagi arti kasih. sedangkan sayang adalah penuh pengertian, mau percaya, mau bicara dan banyak lagi. jadi Kasih sayang adalah pembangunan kasih sayang  jangan pernah menuntut perhatian dan kasih sayang seseorang, bila kamu tidak memulai yang kamu tuntut. Kasih adalah sebuah kata yang sering terdengar di telinga kita. Kasih bukanlah suatu hal yang tabu untuk diucapkan, apalagi dirasakan. Kasih akan membuat kita merasa nyaman, damai dan tentram.
Sumber :
http://kamelia11.wordpress.com/tag/pengertian-manusia-menurut-para-ahli/
http://abdulgani84.wordpress.com/2011/04/29/kasih/

No comments:

Post a Comment