Thursday 3 July 2014

Manusia dan Tanggung Jawab

Pada postingan sebelumnya kita sudah membahas mengenai hubungan manusia dan kasih. Dan pada kali ini saya akan memberi sedikit pengetahuan mengenai hubungan antara manusia dan tanggung jawab.
Sebelumnya telah dibahas pengertian dari manusia dan sekarang saya hanya memberi sedikit pengertia mengenai tanggung jawab.
Tanggung jawab menurut kamus bahasa indonesia adalah, keadaan wajib menaggung segala sesuatunya. Sehingga bertanggung jawab menurut kamus umum bahasa indonesia adalah berkewajiban menanggung, memikul,menanggung segala sesuatunya,dan menanggung akibatnya.
Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang di sengaja maupun yang tidak di sengaja.tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajiban.
Tanggung jawab itu bersifat kodrati,artinya sudah menjadi bagian hidup manusia ,bahwa setiap manusia di bebani dengan tangung jawab.apabila di kaji tanggung jawab itu adalah kewajiban yang harus di pikul sebagai akibat dari perbuatan pihak yang berbuat.
Tanggung jawab adalah cirri manusia yang beradab.manusia merasa bertanggung jawab karena ia menyadari akibat baik atau buruk perbuatannya itu, dan menyadari pula bahwa pihak lain memerlukan pengadilan atau pengorbanan.
Manusia pada dasarnya memiliki sebuah rasa tanggung jawab terhadap dirinya sendiri maupun sekitarnya. Namun pada saat ini banyak manusia yang menyepelekan arti kata dari tanggung jawab itu sendiri, Bahkan banyak manusia yang lari atau menghindar dari tanggung jawabnya.
Semenjak kecil kita sudah diajarka untuk bertanggung jawab terhadap diri kta dan sekitar, hal ini terus meningkat seiring dengan bertambahnya usia kita. 
Lingkunganpun menuntut manusia untuk bertanggung jawab dengan terbentuknya sebuah sanksi dan norma-norma yang berlaku. 
Jadilah orang yang mampu bertanggung jawab atas apa yang kita hadapi dan alami, karena sebuah pertanggung jawaban kita akan di perhitungkan di akhirat nanti.

Sumber :

No comments:

Post a Comment