Monday 24 November 2014

Kincir Air, Teknologi yang sederhana namun bermanfaat bagi Lingkungan

Kincir air, apa yang kita pikirkan bila mendengar kata kincir air? pedesaan? ya benar. Pada zaman sekarang kincir air mungkin hanya ditemukan di daerah-daerah pedesaan. Bertujuan untuk mengairi persawahan disana. Namun tanpa kita sadari kincir air sangatlah berguna bagi seluruh kalangan, bukan hanya di pedesaan. Dengan menambahkan sebuah teknologi yang sederhana, kincir air mampu dijadikan sebagai sumber listrik, seperti didaerah  Tumbulun, Padang. Disana kincir air dijadikan sebuah sumber daya pembangkit listrik yang mampu melistriki 4 rumah, seperti setrika, televisi, lampu, kipas namun tidak untuk kulkas. 
Bukan hanya bermanfaat bagi manusia, kincir air juga bermanfaat bagi lingkungan. Kincir air juga bisa dijadikan sebagai pengirigasian sawah dan perkebunan bahkan tanpa disadari kincir air juga yang mambuat aliran air disekitarnya menjadi lebih baik.
Kurangnya kesadaran dan ketergantungan membuat masyarakat kita tidak peduli dengan lingkungannya. Padahal masih banyak sumber daya alam kita yang bisa dimanfaatkan dengan cara mudah dan dengan harga murah,

http://www.harianhaluan.com/index.php/khas/22612-kincir-air-untuk-pembangkit-listrik-

No comments:

Post a Comment