Monday 10 November 2014

Natural Resources ( Sumber Daya Alam)


Sebelum membahas video yang saya unggah sebaiknya kita memahami arti dari sumber daya alam itu sendiri.
Sumber daya alam merupakan potensi yang dimiliki alam dan dapat dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup.
Sumber daya alam dapat dikaitkan dengan kehidupan manusia. Sumber daya alam selalu dikonsumsi oleh manusia, ibaratnya manusia membutuhkan sesuatu dan disediakan oleh alam.
Terlihat pada video itu kesenjangan antara penambang dan para penikmat sumber daya alam (masyarakat perkotaan). Sangat berbeda jauh, mereka penambang sangatlah susah payah mencari sumber daya alam yang diinginkan dengan sedia mengorbankan nyawanya. Namun kita dikota menikmatinya seperti mengehirup dan menghembuskannya. Para penambang dibayar rendah sedangkan para penjualnya memasang harga denga sangat tinggi.
Sumber daya alam bukanlah sesuatu yang abadi, sumber daya alam juga mampu habis ataupun mati. Mengapa bisa seperti itu? Itu karena penggunaan  manusia terhadap sumber daya alam yang berlebihan (eksploitasi). Padahal masih sangat banyak jenis sumber daya alam yang dapat kita manfaatkan, namun manusia belum mampu memanfaatkannya dengan baik atau juga manusia belum menemukan sumber daya alam tersebut. Hampir sebagian besar didunia masih terpusat pada sumber daya alam berupa minyak, batu bara, dan gas.
Namun kini ada pula Negara-negara yang menggunakan sumber daya alam yang lain dan ini adalah solusi yang luar biasa. Mereka memanfaatkan sinar matahari, air, dan udara. Ada juga yang mencoba melalui buah, sayur, dan kotoran / limbah untuk dijadikan sesuatu yang berguna sebagai pengganti sumber daya alam.
Sekarang banyak peniliti membuat sebuah ciptaan menggunakan bahan bakar yang irit / menggunakan bahan bakar jenis lain. Namun hal ini masih sangat tidak lazim bagi kita.


Kesimpula saya terhadap sumber daya alam ini adalah “sumber daya alam memang sangat penting bagi manusia tetapi bukan berarti manusia harus mengeksploitasi sumber daya alam tersebut. Sumber daya alam bukan dirasakan oleh satu era saja tetapi harus bisa dirasakan oleh era era selanjutnya dan untuk berabad kedapan. Sumber daya alam bukanlah milik kita (suatu era) tetapi milik manusia kapan pun itu.”



No comments:

Post a Comment