Monday 10 November 2014

Ekologi Dan Geografi


Pada Video ini saya akan membagi informasi mengenai hubungan sebuah geografi terhadap ekologi di sektarnya.
Geografi dan ekologi adalah dua bidang ilmu yang berbeda satu sama lain. Geografi berkenaan dengan interelasi kehidupan manusia dengan faktor fisisnya yang membentuk sistem keruangan yang menghubungkan suatu region dengan region lainnya. Sedangkan ekologi, khususnya ekologi manusia berkenaan dengan interelasi antara manusia dengan lingkungannya yang membentuk suatu sistem ekologi atau ekosistem. Prinsip dan konsep yang berlaku kedua bidang ilmu tersebut, berbeda satu sama lain. Karena ada kesamaan pada objek yang digarapnya, kedua ilmu tersebut pada pelaksanaan kerjanya dapat saling menunjang dan saling membantu.
Terlihat dalam  video tersebut hubungan keduanya sangatlah berpegaruh . Pada keadaan daratan tinggi ekologi disana sangatlah berbeda jauh terhadap keadaan ekologi di darata rendah, demikian pula jika kita melihatdaerah pertanian, daerah perindustrian, daerah perkotaan, dan lain-lain.
Tiap daerah pasti memiliki suatu ekologi yang berbeda, itu karena ada kaitannya dengan geografinya. Seperti di Indoesia, meskipun Negara kita Negara tropis namun tiap daerahnya memiliki ekologi yang berbeda.

Namun perbedaan ekologi bukan berarti tidak berkaitan satu sama lainnya. Semuanya saling berkaitan, apalagi untu kelangsungan hidup. Apabila salah satu ekologi rusak atau hilang, maka dampaknya akan dirasakan oleh seluruh ekologi yang ada. Akan terjadi suatu ketimpangan ekologi.




No comments:

Post a Comment